Senin, 11 Juli 2011

makna lagu "fix you"

Setelah denger lagunya secondhand serenade yang FIX YOU, gua mulai meresapi tuh lagu. Sebenernya ga ada yang spesial tapi gua mikir banyak arti dari lagu itu. Artinya sih luas tapi mungkin gua punya pemikiran buat lagu itu. Makna yang menurut gua itulah hidup.  Jadi gua tertarik aja sama lagunya yang judulnya fix you itu. Kurang lebih liriknya seperti ini..

FIX YOU – SECONDHAND SERENADE

When you try your best but you dont succeed
When you get what you want but not what you need
When feel so tired but you cant sleep
Stuck in reverse

And the tears come streaming down your face
When you lose something you cant replace
But you love someone but it goes to waste
Could it be worse

Lights will guide you home
And ignite you bones
And i will try to fix you

High up above or down below
When you’re too in love to let it go
But if you never try you’ll never know
Just what your worth

Lights will guide you home
And ignite you bones
And i will try to fix you

Tears sreaming down your face
When you lose something but you cannot replace
Tears streaming down your face and i

Tears sreaming down your face
When you lose something but you cannot replace
Tears streaming down your face and i

Lights will guide you home
And ignite you bones
And i will try to fix you

Nah, sekarang gua mau sebutin maknanya (menurut pemikiran gua). Lirik demi lirik bisa gua artiin mungkin bisa buat gua atau yang lain memperbaiki diri atau memperbaiki hidup orang lain sekalipun. Okay, lets start...

“When you try your best but you dont succeed” kata-kata ini sebenernya memang nyata ada di hidup, iya ga sih? Iya doooong! Ga semua yang kita lakukan di dunia ini 100 persen berhasil. Kenapa? Karena itulah hidup! Dan itulah yang di namakan cobaan hidup. Tuhan memberikan cobaan hidup karena ingin “meng-tes” bagaimana hambanya menghadapi cobaan tersebut. Sulit memang sulit menerima kenyataan ketika kita melakukan sesuatu yang terbaik dengan sabar tapi hasilnya “ZONK!!!” apa itu zonk? Zonk disini adalah gagal atau percuma. Tapi ketahuilah gagal adalah sukses yang tertunda. Jadi selalu lah mencoba dan mencoba, jangan putus asa jika di landa kesulitan atau ya “ZONK!!!” sekalipun. Dan jadilah yang terbaik!

Okay next, “When you get what you want but not what you need” disini memang itulah manusia kadang bisa mendapat apa yang dia mau dengan mudah tapi kadang sulit mendapatkannya. Mungkin apa yang kita mau belum tentu apa yang kita butuhkan. Oke contohnya seseorang menginginkan laptop untuk membuat/mempermudah mencari atau mengerjakan tugasnya tapi ternyata karena desakan ekonomi kita belum tentu bisa membelinya tetapi untuk membeli sebuah handphone cukup. So, kita hanya bisa mendapatkan sebuah handphone bukan sebuah laptop yang sangat kita butuhkan. Kata-kata di atas juga bisa di artikan dengan sebuah love life. Contohnya kita mencintai seseorang dengan pribadi yang kita mau dan kita butuhkan tetapi ternyata orang tersebut mempunyai cinta yang lain yaa apa boleh buat kita taakan pernah bisa memaksakan cinta kita padanya tapi ternyata oranglain mencintai kita, tetapi pribadinya kebalikan dengan orang yang kita cintai itu. Apa boleh buat, hanya orang inilah yang bisa kita dapatkan. Tapi ingatlah sesuatu, Tuhan telah merencanakan semuanyaaaaa! Kehidupan, cinta, perkerjaan dan semua yang tak pernah kita ketahui. Tuhan telah memberikan “ini” bukan “itu’’ karena ketahuilah, apa yang diberikanNya pasti itulah yang terbaik bagi umatnya yaitu kita semua. Jangan pernah berfikir kalau “apa yang kamu dapatkan tetapi bukan apa yang kamu inginkan atau kamu butuhkan” adalah akhir dari semua, akhir dari usahamu. Yes thats totally wrong! Yakinlah bahwa sesuatu itu pasti akan berubah menjadi apa yang kita inginkan atau yang kita butuhkan.

“When feel so tired but you cant sleep” percayalah, semua orang pasti pernah merasakan ini. Yap, pasti pernah. Contohnya saat orang-orang belajar hingga larut malam dan mengorbankan semua waktunya untuk belajar, ya saat ujian nasional. Untuk menunggu sebuah jawaban ujian nasional yang membuat seseorang tak bisa tidur. Mereka lelah. Lelah fikiran, fisik juga jiwa. Bagaimana tidak semua mereka korbankan. Disini, di situasi ini mereka lelah ya sangat sangatlah lelah tetapi mereka tak bisa tidur. Tak bisa tidur disini adalah tak bisa tidur dengan tenang. Apakah kalian tau apakah arti dari merasa lelah tapi tak bisa tidur? Presepsi gua adalah, bimbang. Ya bimbang, kata sederhana yang bisa mengartikan itu. Mereka sebenarnya lelah dan sangat menginginkan istirahat tetapi apa boleh buat jiwanya tak tenang karena menunggu sebuah jawaban yang mungkin jawaban itu penting dan menentukan semuanya. Tapi jika kita berserah diri pada Tuhan dan menyerahkan semuanya pada Tuhan serta mempercayai bahwa Tuhan akan memberikan semua yang terbaik padanya, gua rasa seseorang yang sedang bimbang ini pasti bisa untuk tenang. Kuncinya adalah serahkan semua pada Tuhan.

“Stuck in reverse” sulit ya memang sulit terjebak dalam keterbalikan. Apa yang kita mau malah tak bisa kita dapatkan. Makna ini sama dengan kata-kata pertama diatas yaitu cobaan hidup. Kebalikan kadang membuat kita terpuruk. Sebenernya menurut presepsi gua, stuck in reverse itu adalah terjebak di masa lalu. Yayayaya kadang masalah terbesar di hidup kita itu ada masa lalu. Thats can kill us smoothly. Tapi Tuhan memberikan masa lalu adalah untuk pembelajaran bukan untuk sesuatu yang mesti kita ingat dan kita terus kenang. Apalagi kalau masa lalu kita adalah masa lalu yang sulit atau masa lalu yang membuat kita sakit. Kadang seseorang sulit untuk keluar dari masa lalunya, masa lalu yang indah tapi bisa membunuhnya jika terus mengingat itu. Terjebak masa lalu pasti pernah semua orang rasakan ga perlu gua sebutin contohnya pun orang-orang pasti tau karena pernah merasakannya. Tapi prinsip gua adalah, masa lalu ya masa lalu dan bukan untuk di ulangi di masa sekarang dan satu lagi masa lalu adalah bahan pembelajaran.

“And the tears come streaming down your face, When you lose something you cant replace” kata ini memang sebaiknya di satuin. Karena kalau satu-satu artinya bisa luas. Okay, kalo yang ini adalah air mata mengalir saat kehilangan sesuatu yang tidak dapat digantikan. Waw thats hurt right? Ketika kita menemukan sesuatu yang kita cintai, yang kita butuhkan tetapi ia menghilang entah kemana. Faktornya adalah memisahkan dan dipisahkan. Yap, dipisahkan oleh Tuhan. Disini kita telah menemukan seseorang yang benar-benar kita cintai tapi dia pergi, gua yakin itu sakit. Air mata itu ga bisa di bohongi, ya walopun air mata itu bukan dari mata tapi air mata lain bercucuran yaitu hati kita (loh jadi air hati dong?) ih bukan laaaah! Mana ada air hati, maksudnya disini adalah hati kita yang menangis. Hati juga bisa nangis loh kalo disakitin terus. Kalo cewe biasanya memendam rasanya, memendamnya dalam hati, begitupun gua karena gua cewe. Tapi dulu pernah gua memendam rasa sakit gua karena seseorang tapi gua selalu nyembunyiin rasa sakitnya sampai akhirnya seseorang bilang sama gua “ga usah sok kuat deh, lo bukan superman! Menangislah jika itu bisa membuat lo tenang dan meluapkan semua emosi dan kekecewaan lo”. Darisana gua berfikir, ga ada manusia yang kuat kaya superman atau batman, semua pasti ada masa downnya, masa dimana ia ga bisa menahan lagi rasa sakit dan kecewanya sehingga air matalah yang keluar.

But you love someone but it goes to waste, Could it be worse?” hahaha ini kata-kata..... hmmm presepsi gua sih bilang ini adalah harapan kosong. Hey, tapi harapan kosong itu ga semua tentang love life loh. Tapi emang kebanyakannya tentang love life sih. Duh, harapan kosong itu.... bimbang.. seperti kita nungguin hasil ujian nasional. Contohnya nih, si Z mengangagumi si Y. Nah si Y itu emang suka sama si Z, tapi banyak alasannya untuk si Y ngga mengungkapkan perasaannya pada si Z. Faktornya ya masa lalu atau bisa jadi faktor lain. Padahal si Z udah nungguin ungkapan si Y karena mereka udah deket banget tapi ternyata si Y menjauh tanpa alasan yang jelas. Ya itulah harapan kosong. Tapi percayalah, kalau karma lebih kejam dari harapan kosong. Tapi ga ada yang harus di takutin ko, semua ada jalannya.

“Lights will guide you home, And ignite you bones, And i will try to fix you” okay, kata-kata ini emang harus di satuin! Maknanya itu.... cahaya akan memandu kamu pulang dan menenangkan mu dan aku akan memperbaiki kamu menjadi yang terbaik. Sekacau-kacaunya seseorang, sekeras-kerasnya orang gua yakin banget pasti ada titik lemahnya.  Gua yakin banget itu! Okay contohnya kaya gini seseorang merubah gaya hidupnya hanya karena cinta. Dia mulai mabuk-mabukan atau mungkin bisa saja lebih dari itu. Tapi gua sangat yakin, orang ini bakalan sembuh oleh cinta lagi. Karena ia disakiti oleh cinta jadi yang dia butuhkan cinta. Makna “i will try to fix you” ini adalah ketika seseorang mencintai lelaki kacau ini dan merubahnya menjadi yang terbaik lagi, merubah semua gaya hidupnya yang salah dan meyakinkannya bahwa cara itu adalah cara yang salah. Karena bukan itu jalan keluarnya. Apakah saat lelaki ini mabuk dia akan mendapatkan cintanya kembali? Tidak, ya jawabannya tentu saja tidak! Ketahuilah, semua masalah pasti ada jalan keluar dan bukan jalan keluar seprti itu. Kuncinya adalah yakinkanlah bahwa seseorrang dapat berubah jika kita mencoba merubahnya.

“High up above or down below, When you’re too in love to let it go, But if you never try you’ll never know, Just what your worth” hidup itu seperti roda, terus berputar. Kadang diatas kadang di bawah. Ya gua percaya itu kata-kata, karena itu kata-kata terbukti keadaannya. Lalu disaat kita harus merelakan seseorang yang kita cintai, seperti yang kamu tau faktornya adalah memisahkan dan dipisahkan. Kadang merelakan orang yang kita cintai itu sulit dan berat tapi apa daya semua yaang kita punya pasti akan hilang dan pergi karena ngga ada yang abadi di dunia ini. Merelakan orang kita cintai adalah hal yang sulit tapi di sisi lain kalian adalah manusia kuat yang bisa merelakan itu, merelakan semua kebahagian. Gua juga pernah merasakan itu tapi gua yakin bahwa Tuhan adalah maha pemberi pertolongan dan Tuhan ga akan ngebiarin gua terus terpuruk. Tapi ingatlah, jika kita tak pernah mencoba kita taakan pernah tau bagaimana hasilnya. Seengganya kita harus nyoba, karena dengan nyoba kita bakalan tau sejauh mana kita sanggup melakukan itu. Hasilnya biarkan Tuhan yang atur, kita hambaNya harus berusaha dan berdoa. Dan kadang percobaan itu di butuhkan, contohnya adalah ilmuwan. Mereka membuat sebuah percobaan sebelum launching product mereka. Berawal dari hal kecil pasti bisa membawa dampak yang besar.

Okay, kurang lebih seperti itu pemikiran gua, itu yang gua fikirkan dari lagu FIX YOU ini. Lirik yang lain yang ga gua sebutin sama ko maknanya kaya gitu. So, belajarlah dari hidup. Hidup itu kejam dude! Tapi itu semua gimana seseorang menanggapi masalah itu. Kadang masalah itu datang dari pacar, sahabat, keluarga dan mungkin orang lain yang ga kita kenal. Ga ada salahnya loh kita memperbaiki hidup kita, merubahnya jadi lebih baik dan teratur biar kedepannya juga baik. Gua yakin semua orang tuh pengen banget jadi yang terbaik. Kadang seseorang lelah sama kehidupannya, kadang mereka berfikir “buat apa gua hidup?” tapi ketahuilah, Tuhan menciptakan kita pasti ada tujuan yang jelas. Sebenernya presepsi gua tentang orang yang bilang “buat apa gua hidup? Kayanya percuma gua hidup” menurut gua itu salah! Salah besar! Mereka seharusnya bersyukur masih bisa menghirup oksigen, menikmati cerahnya pagi dan merasakan kehangatan siang. Dude, semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Jangan bikin suatu masalah jadi tambah runyam karena sikap lu yang berubah jadi buruk! Tuhan ada bersama kita, percaya! Perbaiki hidup sekarang sebelum ga ada lagi waktu buat memperbaiki itu. Inget, tujuan yang jelas ga akan pernah membuat kita kecewa karena kegagalan sesaat. Jangan terlalu ngarep tapi all out aja! Keluarkan semua yang bisa, dan jangan terlalu banyaak ngarp karena jatohnya pasti sakit.

So, prinsip hidup gua setelah mendengar lagu ini adalah Jadilah orang yang bilang “i will try to fix you” bukan orang yang berkata “they will try to fix me”. Dan gua selalu ingin bertekad untuk memperbaiki hidup orang yang gua sayang biar jadi yang lebih baik lagi dan menyadarkan dia apa itu hidup.


8 komentar:

  1. ini bukan lagu SECONDHAND SERENADE tapi COLDPLAY!!!

    BalasHapus
  2. Betul ini lagu ColdPlay !!! Secondhand Serenade cuman COPAS aja

    BalasHapus
  3. lo pada oon banget sih,jelas2 seconhand bawain lagu ini versi akustik

    BalasHapus
  4. semuanya bego dan tolol
    ini emang lagunya coldplay tp di recycle (dibawain ulang) sama secendhand serenade!
    PAHAMM????

    BalasHapus
  5. gue pernah baca postingan ini di blog orang laen...
    di mmypuput.blogspot.com
    lu yang copas apa dia ? apa lu berdua copas !

    BalasHapus
  6. pada mati ngga semuanya dari lahir lahh..
    kya gni aja di dbatin, ,, aneh banget..
    ITU LAGU COLDPLAY.

    BalasHapus